HEADLINE
---

Download contoh TP, ATP, dan Modul Ajar Bahasa Arab Kurikulum Merdeka

 



Direktorat KSKK Madrasah, Direktorat Pendidikan Islam, Kementerian Agama Republik Indonesia telah menerbitkan contoh Tujuan Pembelajaran (TP), Alur Tujuan Pembelajaran (ATP), dan Modul Ajar Bahasa Arab untuk Kurikulum Merdeka di madrasah. Dokumen-dokumen ini dapat menjadi referensi bagi guru Bahasa Arab dalam menyusun dan mengembangkan TP, ATP, serta Modul Ajar sesuai Kurikulum Merdeka.

Pemerintah, melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, menetapkan Kurikulum Merdeka sebagai langkah untuk pemulihan pembelajaran pada satuan pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, dan menengah, yang mulai berlaku pada tahun pelajaran 2022/2023. Ada beberapa revisi pada tahun 2024, di antaranya:

  • Panduan Pengembangan Kurikulum Satuan Pendidikan Edisi Revisi 2024
  • Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Edisi Revisi 2024
  • Panduan Pembelajaran dan Asesmen Edisi Revisi 2024

Kementerian Agama juga mengeluarkan kebijakan implementasi Kurikulum Merdeka di madrasah melalui Keputusan Menteri Agama Nomor 347 Tahun 2022 tentang Pedoman Implementasi Kurikulum Merdeka pada Madrasah. Kebijakan ini dilanjutkan dengan KMA 450 Tahun 2024 tentang Pedoman Implementasi Kurikulum pada RA, MI, MTs, MA, dan MAK, yang menyatakan bahwa Kurikulum 2013 (K-13) tidak lagi berlaku sejak Tahun Ajaran 2024/2025.

Implementasi Kurikulum Merdeka di madrasah pada dasarnya mengikuti kebijakan yang diterapkan di sekolah oleh Kemendikbudristek. Namun, dalam kondisi tertentu, madrasah melakukan adaptasi sesuai dengan kebutuhan pembelajaran di madrasah dan penguatan pendidikan Agama Islam serta Bahasa Arab yang menjadi ciri khas madrasah. Kesiapan dan kemandirian madrasah dalam melaksanakan Kurikulum Merdeka sangat penting untuk mendorong perbaikan kualitas pembelajaran di madrasah.

Sejalan dengan pelaksanaan Kurikulum Merdeka di madrasah, Kementerian Agama telah menerbitkan sejumlah panduan pelaksanaan, salah satunya adalah contoh TP, ATP, dan Modul Ajar Bahasa Arab Kurikulum Merdeka di madrasah.

Tujuan Pembelajaran (TP)

Tujuan pembelajaran adalah deskripsi pencapaian tiga aspek kompetensi, yaitu pengetahuan, keterampilan, dan sikap, yang harus diperoleh murid melalui satu atau lebih kegiatan pembelajaran. TP disusun dengan memperhatikan bukti yang dapat diamati dan diukur pada murid, sehingga mereka dapat dinyatakan telah mencapai suatu tujuan pembelajaran. Penulisan TP sebaiknya mencakup dua komponen utama:

  1. Kompetensi: Kemampuan yang perlu ditunjukkan oleh murid untuk membuktikan bahwa mereka telah berhasil mencapai tujuan pembelajaran. Panduan bagi guru dalam menyusun TP meliputi pertanyaan seperti:
    • Kemampuan apa yang perlu ditunjukkan secara konkret oleh murid?
    • Tahap berpikir apa yang perlu ditunjukkan oleh murid?
  2. Lingkup Materi: Konten dan konsep utama yang perlu dipahami pada akhir satu unit pembelajaran. Pertanyaan panduan untuk guru dalam menyusun TP meliputi:
    • Apa saja yang perlu dipelajari murid dari suatu konsep besar yang dinyatakan dalam Capaian Pembelajaran?
    • Apakah lingkungan sekitar dan kehidupan sehari-hari murid dapat digunakan sebagai konteks untuk mempelajari konten dalam Capaian Pembelajaran?

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)

Alur Tujuan Pembelajaran adalah rangkaian TP yang disusun secara sistematis dan logis dalam fase capaian pembelajaran dari awal hingga akhir. ATP disusun secara linear sesuai urutan kegiatan pembelajaran dengan tujuan untuk mengukur capaian pembelajaran. Alur ini mengintegrasikan pencapaian tiga aspek kompetensi (pengetahuan, keterampilan, dan sikap) yang diperoleh siswa melalui satu atau lebih kegiatan pembelajaran.

ATP disusun kronologis berdasarkan urutan pembelajaran yang menjadi prasyarat keberhasilan capaian belajar. Tujuan utamanya adalah memudahkan guru dalam mencapai keberhasilan pembelajaran yang lebih terarah. ATP juga berfungsi sebagai acuan perencanaan pembelajaran bagi guru dan siswa dalam mencapai capaian pembelajaran di akhir fase. Pemerintah menetapkan fase-fase capaian pembelajaran Kurikulum Merdeka, yaitu:

  • Fase A (Kelas 1 dan 2)
  • Fase B (Kelas 3 dan 4)
  • Fase C (Kelas 5 dan 6)
  • Fase D (Kelas 7 dan 8)
  • Fase E (Kelas 9 dan 10)
  • Fase F (Kelas 11 dan 12)

Modul Ajar

Modul Ajar adalah perangkat media, metode, petunjuk, dan pedoman yang dirancang secara sistematis dan menarik. Modul ini adalah implementasi dari ATP yang dikembangkan dari Capaian Pembelajaran dengan Profil Pelajar Pancasila sebagai sasaran. Modul ajar disusun sesuai dengan fase perkembangan peserta didik, mempertimbangkan apa yang akan dipelajari dengan tujuan pembelajaran, dan berbasis pada perkembangan jangka panjang.

Guru perlu memahami konsep modul ajar agar proses pembelajaran lebih menarik dan bermakna. Pemerintah juga menyediakan contoh-contoh modul ajar sebagai inspirasi untuk satuan pendidikan. Satuan pendidikan dan pendidik dapat mengembangkan, memodifikasi, atau menggunakan modul ajar yang disediakan pemerintah sesuai dengan karakteristik daerah, satuan pendidikan, dan peserta didik.

Guru Bahasa Arab dapat mengunduh contoh TP, ATP, dan Modul Ajar Bahasa Arab Kurikulum Merdeka pada link >>> DOWNLOAD <<<

Kesimpulan

Untuk mendukung penerapan Kurikulum Merdeka di madrasah, Guru Bahasa Arab dapat mengunduh contoh TP, ATP, dan Modul Ajar Bahasa Arab Kurikulum Merdeka. Dokumen-dokumen ini dapat membantu guru dalam menyusun dan mengembangkan pembelajaran yang berkualitas dan sesuai dengan kurikulum terbaru.

 

Baca Juga:
Post a Comment